Selasa, 12 Mei 2009

Yang perlu diperhatikan pada perangkat elektronik

Ada garis-garis vertikal atau horizontal yang berjalan di layar TV
Periksa apakah ada pengering rambut, bor listrik dan telepon tanpa kabel yang dioperasikan di dekat TV. Jika ada, jauhkan dari TV tersebut karena akan mengakibatkan gangguan pada layar.



Gambar di layar TV tidak jernih pada salah satu saluran, suara tidak jernih dan ada garis berjalan di layar
1. Periksa posisi kabel antena, sudah terpasang dengan benar atau tidak.2. Ubah posisi antena dalam / luar ke kiri dan ke kanan untuk mencari penerimaan gambar terbaik.3. Jika menggunakan antena satelit, periksa jack antena atau soket pada decoder antena dan periksa jack dari decoder ke input audio video pada televisi, kemudian switch pada remote TV/AV.



Muncul tulisan "child lock" di layar saat menekan tombol manual di TV
Ubah pengaturan TV melalui remote. Tekan tombol "menu" kemudian cari menu yang bertuliskan "child lock on/off". Tekan tombol panah kanan atau volume +, naikan kursor ke tanda betul lalu tekan tombok "ok".



Gambar di layar TV buram atau tidak cerah
Coba atur kembali pengaturan menu contrast, brightness, color, tint dan sharpness. Selain itu coba bersikan layar TV dengan cara menggosoknya menggunakan kain lap halus yang sedikit lembab.



Ada flek warna di sudut atas atau bawah layar TV
1. Hal itu terjadi karena adanya magnet tetap di sekitar TV, seperti speaker aktif. Jauhkan 30 - 50 cm atau geser speaker aktif tersebut sampai tidak ada flek warna pada layar TV.2. Flek warna juga bisa disebabkan oleh medan magnet Bumi antara Utara dengan Selatan. Jika medan magnet terlalu kuat, elektron bebas di layar tabung gambar akan mengakibatkan flek warna. Untuk menghindarinya, pindahkan TV ke tempat lain.



Cara menghubungkan suara TV ke speaker aktif
Hubungkan jack RCA audio standar L/R ke terminal output audio yang berada di belakang TV, kemudian hubungkan kembali ke speaker aktif pada terminal input L/R.



Volume suara TV berbeda-beda pada setiap program
Hal itu karena pemancar TV memiliki tingkat (level modulasi) suara berbeda-beda yang mengakibatkan penerimaan TV juga berbeda. Untuk menyamaratakan suara, lakukan pengaturan pada menu "AVL" (auto volume leveller).


Lemari Es




Proses instalasi kulkas 1 pintu yang baik dan benar.
1. Pastikan kulkas tersebut memiliki stop kontak tersendiri. 2. Pastikan pengaturan temperaturnya mulai dari angka kecil 1 kemudian 2 dan seterusnya.3. Pastikan voltase listrik stabil. Jika tidak, gunakan stabilizer.4. Saat kulkas baru tiba, diamkan sekitar 4-5 jam, baru kemudian dihubungkan ke stop kontak.



Penyebab body samping kulkas panas
Hangat atau agak panasnya body samping kulkas adalah hal yang wajar dan menandakan kompresor sedang bekerja untuk mencegah terjadinya kondensasi pada pintu dan bodi samping.



Evaporator kulkas satu pintu tertusuk
Tertusuknya evaporator akan mengakibatkan proses pendinginan atau fungsi kulkas terganggu karena freon akan habis dan oli akan naik ke dalam evaporator. Hal itu juga tidak termasuk dalam garansi karena kerusakan diakibatkan oleh kesalahan pemakaian dari konsumen. Untuk proses perbaikannya, silakan hubungi Customer Service LG



Penyebab kulkas berisik
Kulkas diletakkan pada lantai yang lemah atau tidak semestinya seperti kayu. Selain itu kulkas harus diletakkan pada posisi yang stabil dan rata.
Bagian belakang kulkas menyentuh dinding. Sediakan ruang lebih di belakang serta sisi kiri dan kanan kulkas.
Ada sesuatu di bagian belakang kulkas. Segera jauhkan benda tersebut.
Ada sesuatu di atas kulkas. Jangan meletakkan benda yang berat di atas kulkas.



Cara perawatan yang baik untuk meminimalisasi kerusakan pada kulkas
Menggunakan stabilizer.
Membersihkan bodi kulkas dengan lap kering.
Membersihkan kulkas satu pintu dengan mengelap bagian evaporatornya tanpa mencongkelnya dengan benda tajam.
Memakai tube wear atau alas agar makanan yang mengandung darah atau daging atau makanan yang mengandung bau tidak menimbulkan bau tak sedap di dalam kulkas.
Tidak terlalu banyak menyimpan botol pada rak pintu.
Atur temperatur sesuai dengan banyaknya barang yang ada di dalam kulkas.
Menggunakan steker dan stop kontak sendiri dan pastikan tidak kendor atau kencang.
Letakan kulkas dalam posisi yang stabil atau rata.
Berikan ruang lebih untuk bagian samping dan belakang kulkas.
RAC




Mengatur waktu hidup dan mati RAC menggunakan remote
Waktu dapat diatur hanya setelah menekan tombol reset (reset : tekan dengan pena) tekan tombol rest untuk mengatur waktu.
Tekan tombol pengatur waktu sampai waktu yg dikehendaki.3. Setelah selesai mengatur waktu, tekan tombol SET pengatur waktu.



Cara memperkirakan lapsitas AC LG yang dibutuhkan agar ruangan tetap terasa dingin
Luas Ruangan Rekomendasi RAC 0 - 5 M2 0.5Pk 5 - 12 M2 0.75Pk 8 - 16 M2 1Pk 10 - 22 M2 1.5Pk 17 - 23 M2 2pk 20 - 40 M2 2.2Pk 22 - 43 M2 2.5Pk 26 - 48 M2 3Pk catatan: 1. Estimasi ini berdasarkan suhu normal di Indonesia. 2. Jendela atau tembok yang menghadap matahari. 3. Tidak ada sekat khusus untuk atap / langit-langit di ruangan yang dimaksud. 4. Jumlah orang dalam ruangan 1 - 4 orang (ruang keluarga / kamar tidur) 5. Peralatan elektronik yang ada dalam suatu ruangan ; a. 1 unit TVb. 1 unit lemari esc. penerangan / lampu normal ukuran rumah tinggal d. jendela memakai tirai / horden Perhatian : Estimasi di atas tidak untuk dipergunakan untuk ruangan keperluan bisnis seperti tempat kursus komputer, perkantoran, mini market, dll.


Washing Machine



Perbedaan proses cuci dengan mesin cuci otomatis & manual
Otomatis : Masukkan pakaian, detergen & pelembut sesuai kapasitas yg ada ke tabung, kemudian tutup & nyalakan air keran dan jangan dimatikan sebelum proses selesai. Kemudian tekan tombol power ON & START, tidak perlu menekan tombol lain. Mesin cuci akan bekerja sesuai urutannya dari Wash, Rinse & Spin.Manual : Untuk proses Wash saja, masukkan semua pakaian, detergen & pelembut ke dalam tabung, nyalakan air & pilih proses Wash saja kemudian tekan tombol START. Mesin hanya akan mencuci pakaian. Untuk proses Spin saja, cukup pilih proses SPIN dan tekan tombol start. Mesin akan melakukan proses pengeringan saja.



Penggunaan air selama pemakain mesin cuci
Selama mesin cuci bekerja, penggunaan air diatur oleh micom agar tidak boros. Pengaturan ini dilakukan dengan cara membuka-tutup saluran inlet. Saluran ini hanya akan dibuka pada proses pencucian (wash) dan pembilasan (rinse). Pemakaian air sendiri disesuaikan dengan water level yang digunakan.



Pakaian kotor lagi setelah cuci
Periksa kebersihan tabung dan gunakan pewangi secukupnya saja.



Air tidak keluar pada tabung pencucian
Periksa tekanan air, kederasan dan kekencangan alirannya.Periksa selang inlet yang berwarna biru atau oranye di bagian belakang mesin cuci. Buka dan copot selang tersebut kemudian bersihkan dengan sikat gigi.


Audio






Muncul tulisan "NO DISC" pada VCD Player
Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan hal ini:1.Kondisi Disc yang akan di pakai :a.apakah ada flek-flek minyak, bekas tangan, debu atau flek kelembaban.b.apakah ada goresan tipis dan banyak.c.apakah ada goresan yang dalam melebar keluar.d.apakah disc disimpan terlalu lama.e.apakah disc yang digunakan adalah disc bajakan dengan proses pengkopian data kurang bagus.Faktor-faktor di atas dapat dibersikan dengan kain yang halus dan dapat menggunakan cairan pembersih disc.2.Player sudah lama tidak digunakan (3 bulan s/d 6 bulan) dan mengakibatkan:a.lensa optic tertutup debu, bersihkan dengan disc cleaner.b.lensa optic terkena flek kelembaban, bersihkan dengan disc cleaner.3.Usia player sudah tua, mengakibatkan optik sudah lemah dan harus diganti.



Remote control DVD/HTiB/Audio kadang tidak berfungsi
Hal itu disebabkan karena remote tersebut berubah fungsi menjadi remote TV. Pada umumnya remote LG DVD/HTiB/Audio memiliki fungsi ganda yaitu sebagai remote TV dan juga remote DVD. Untuk mengembalikan fungsinya sebagai remote DVD, tekan tombol DVD dua kali.



Cara mencari frekuensi stasiun radio pada Home Teatre / Audio
1. Tekan tomblol BAND pada remote control sampai FM atau AM muncul pada tampilan. 2. Tekan dan tahan TUNING pada panel depan selama 2 detik sampai tanda frekunsi mulai berubah, kemudian lepaskan.3. Tekan MEMORY pada panel depan, nomor preset akan berkedip pada tampilan. 4. Tekan TUNING kembali pada panel depan untuk memilih nomor preset yg diinginkan.5. Kembali tekan MEMORY pada panel depan kembali, frekuensi stasiun radio akan tersimpan.6. Ulangi langkah 2 dan 6 untuk pencarian frekuensi stasiun radio berikutnya.



Cara menghubungkan DVD player ke TV
Bila menggunakan input A/V pada televisi, yang dibutuhkan hanya kabel RCA AV standar yang terdiri dari tiga kabel yaitu : L (putih), R (merah) dan Video (kuning). Sambungkan ketiga kabel tersebut ke DVD player di bagian (terminal) out dan sesuaikan dengan warnanya. Kemudian hubungkan ujung kabel yang satunya lagi ke bagian (terminal) in TV dan sesuaikan dengan warnanya.Untuk melakukan pengujian, hidupkan TV dan DVD kemudian pada TV pilih AV input dengan cara menekan tombol AV/TV pada remote TV. Jika televisi mempunyai lebih dari satu input audio-video, perhatikan di terminal input mana DVD akan disambung.Untuk menggunakan input DVD Component pada televisi yang dibutuhkan adalah tiga kabel RCA Component yaitu merah, hijau dan biru serta dua kabel audio yaitu L (putih) dan R (merah). Sambungkan ketiga kabel component ke bagian (terminal) out component di bagian belakang DVD dan sesuaikan dengan warnanya. Kemudian sambungkan kabel audio ke bagian audio out DVD player dan sesuaikan dengan warnanya. Sambungkan ujung kabel component yang satunya lagi ke bagian (terminal) input component pada TV dan sesuaikan dengan warnanya. Kemudian sambungkan ujung kabel audio yang satunya lagi ke audio terminal input component dan sesuaikan dengan warnya.
Untuk melakukan pengujian, hidupkan TV dan DVD. Kemudian pilih component input dengan cara menen tombol AV/TV pada remote.
Sumber : aduhai.com
Posting : mata solder

1 komentar: