Jumat, 29 Mei 2009

Cara Menyolder .









Sumber : anekapcb







Sewaktu akan digunakan, solder ditunggu hingga panasnya mencukupi dan ujung solder dibersihkan dahulu dengan spons. Untuk solder yang baru, ujung solder dilapisi terlebih dahulu dengan timah , tipis dan merata.
Bahan yang akan disolder harus bersih, bebas dari minyak , karat atau kotoran lainya. Komponen terletak erat pada PCB dan PCB harus erat pula sehingga tidak goyang sewaktu solder .
Tempat yang akan disolder dipanasi terlebih dahulu dengan ujung solder sehingga cukup panas kemudian dengan ujung solder tetap menempel pada komponen , tempelkan timah sehingga meleleh dengan jumlah secukupnya, ditunggu sebentar sehingga solderan mengeras sendiri , akhirnya timah ditarik dan kemudian solder ditarik pula. Ditunggu beberapa saat sampai timah mengeras dan tidak boleh goyang.
sering terjadi kesalahan saat timah ditempel dahulu di ujung solder, baru dibawa ke tempat yang akan disolder .Prosedur ini sama sekali tidak dianjurkan, karena kedua barang yang akan disolder harus sama­sama dalam keadaan panas, baru dilelehkan di atasnya.
Untuk penyolderan komponen semiconductor, diusahakan proses pemanasan sesingkat mungkin, ialah dengan menunggu terlebih dahulu solder mencapai panas yang cukup tinggi sebelum ditempelkan. Bila perlu body komponen dibungkus dengan isolator sehingga panas dari kaki komponen tidak menjalar kebody komponen.
Setelah pematrian selesai semua, permukaan PCB bekas solderan dibersihkan dengan thinner untuk menghilangkan sisa­sisa pasta yang masih menempel di PCB.
Penyolderan kelihatannya memang mudah, akan tetapi agar hasilnya baik memerlukan latihan yang benar dan cukup banyak. Karena menyolder komponen elektronika harus menempel dengan erat, komponen ­komponen harus terhubung secara elektris dengan baik.
Posting : mata solder .

14 komentar:

  1. aq pernah baca artikel ttg teknik menyolder IC. katanya IC itu komponen yg mudah rusak jd ketika meyolder hrs hati2 sebab panas yg dikeluarkan solder bs merusak IC.oleh sbb itu digunakan soket IC ketika menyolder shg panas dari solder tidak langsung ke ICnya. yg q tnykan soket IC itu gmn bentuknya (coz blm pernah tw), trus IC kan jenisnya macam2 otomatis soketnya jg hrs cocok sm IC yg akan disolder, apakah begitu??

    BalasHapus
  2. yang penting spesifiksi ic benar saja pasti shoket mudah di cari , nanti shoket di solder ke pcb dulu , setelah dingin atau selesai ic tinggal di pasang /di di tekan pelan-pelan..selesai dheh..... trims sudah komen di blog ini... selamat mencoba..

    BalasHapus
  3. .siank,...
    .klaw blh taw cara cepat dan dapat menguasai menyolder itu gy mna sih ??
    .apakah seharian harus baca buku ?? .trus klaw tiap hari baca buku kan lama'' jenuh.

    .ma'af sbelumnya ,, saya msih pendatang baru di SMK ,, mohon informasinya iah,...

    BalasHapus
  4. Saudara Tri Oktavia Permana, terimakasih atas kunjungannya di blog mata solder ini, yaa,,, ngaklah harus mbaca buku seharian gitu,,, ngebacanya untuk teorinya saja yang sangat penting kudu sering praktek,,ya belajar menyolder apalah biar tangan jadi terbiasa . saya dulu juga begitu,, megang solder aja takut,,,kepanasan ..hahaha.. ok coba terus yaa.. apalagi masih siswa SMK harus banyak belajar dan berekperimen.

    BalasHapus
  5. mas, aq udah bnyk kali ganti2 solder gara2 matanya habis :D saya masih bingung cara bersihn solder. Biasanxa aq pake amplas. Gmna y biar mata soldr awet? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis dipakai langsung dibersihkan dengan cairan songka/ cukup dilap paakai kertas dan jangan gunakan amplas untuk membersihkannya.

      Hapus
  6. Aku pernah nyoba nyolder barang elektronik, tapi koq malah kesetrum waktu menghubungkan solder dengan timah ? apa ada yg salah ya dgn cara menyoldernya, gimana supaya gak kesetrum ? Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. matikan dulu tu perangkat atau pcb yang akan disolder,sehingga ketika melakukan penyolderan pcb bebas dari arus listrik

      Hapus
    2. Ia nih bru aja nyobain tiba2 kesetrum padahal alat yg saya solder tidak terhubung ke listrik..
      Knapa ya bos

      Hapus
    3. iya gan
      komponen yg mo di solder bebas dri arus listrik. malahan ketika timah nya di tempel kan dengan solder nya lngsung kesetrum. knpa bsa kesetrum ya????

      Hapus